MANFAAT DAGING KALKUN

Manfaat Daging Kalkun
======================







Daging Kalkun sering di gunakan sebagai obat herbal seperti Obat Tatan Gel dan sering di konsumsi masyarakat saat ini, kesadaran manusia akan kesehatan dan kebutuhan gizi memang sudah meningkat. Tubuh yang sehat menjadi kunci utama Anda untuk melakukan berbagai aktivitas dan menjadikan hari-hari Anda lebih bermakna. Dalam hal ini, menjaga kesehatan sangat erat kaitannya dengan pola makan yang teratur. Salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang adalah daging, termasuk juga daging kalkun.

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia mengkonsumsi daging kalkun sangat jarang dilakukan. Tapi tidak untuk orang barat, hidangan kalkun seperti hal wajib yang harus ada di meja makan dalam setiap momen-momen besar.

Tak hanya dianggap sebagai makanan lezat dan mewah saja, daging kalkun ternyata juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Nah, apa saja manfaat daging kalkun?



1. Mengurangi Kadar Kolestrol dalam Tubuh

Salah satu manfaat daging kalkun adalah untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kalkun memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan tergolong dalam lemak tak jenuh. Per ons daging kalkun hanya memiliki 1 gram lemak sehingga cocok sebagai asupan daging penderita kolesterol.
2. Menu diet sehat

Diet bukan berarti membuat Anda tak mengkonsumsi daging sama sekali.Bagi Anda yang ingin diet rendah lemak maka mengkonsumsi kalkun bisa menjadi salah satu cara yang tepat. Kalkun lebih banyak memiliki kandungan protein yang memperlambat pencernaan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih tahan lama.

Namun, Anda perlu ingat jika tak semua daging ayam kalkun boleh Anda konsumsi selam menjalani diet. Anda hanya boleh mengkonsumsi daging putih tanpa kulit. Hal ini dikarenakan kulit kalkun memiliki 70 gram kandungan kalori hanya dalam satu gigitan kecil.
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam daging kalkun terdapat kandungan vitamin B6, Selenium dan niacin. Kandungan ini dapat membantu metabolisme dengan cara memicu produksi hormon tiroid. Jika produksi hormon tiroid meningkat, maka secara tak langsung kekebalan tubuh juga akan meningkat pula. Tak hanya itu, selenium di dalamnya juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena dapat berperan sebagai antioksidan. Kalkun juga mengandung banyak asam amino yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
4. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Daging kalkun juga bisa menyebabkan tubuh untuk terhindar dari penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena dalam kalkun mengandung banyak mineral. Tubuh memang harus memiliki kadar mineral yang cukup. Bahkan seperempat dari tubuh harus terdapat mineral agar terhindar dari kanker.
5. Membantu mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, khasiat daging kalkun dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan tryptopan yang terkandung dalam kalkun dapat menghasilkan serotonin. Seotonin sendiri merupakan enzim yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Terdapat juga enzim selenium yang dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Vitamin B3 dan B6 yang terdapat dalam daging  juga bisa membantu untuk mengendalikan emosi.
6. Memperbaiki kondisi penderita diabetes

Penderita diabetes kadang memiliki beberapa pantangan makanan. Akan tetapi, daging kalkun sangat aman dan tidak memiliki pengaruh yang besar penderita diabetes. Bahkan mengkonsumsinya akan meningkatkan insulin dalam tubuh. Insulin sendiri merupakan zat yang diproduksi pankreas dan dimaksudkan untuk mengontrol gula darah.
7. Membentuk Tubuh

Para ahli sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi daging kalkun, terutama bagi para binaraga. Asupan daging ayam kalkun biasanya dikonsumsi para binaraga dalam bentuk burger. Mengkonsumsi 5 ons burger kalkun yang memiliki kandungan 250-300 kalori dan 35 protein mampu membentuk otot para binaraga dengan lebih cepat. Tak hanya itu, kalkun juga mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Kandungan yang cukup dalam kalkun bisa untuk mempertahankan otot dan membantu membangun pembentukan otot.
8. Asupan Gizi Ibu Hamil

Daging kalkun yang memiliki tekstur lembut sangat aman dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.  Kalkun sendiri memiliki kandungan yang begitu sehat seperti asam pantotenat, Vitamin B6 dan B12, mineral yang cukup berupa zat besi, selenium, fosfor, kalium, dan seng yang memang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.
9. Menunjang Perkembangan Janin

Kandungan protein dan B12 dalam kalkun sangat baik untuk membantu tumbuh kembang janin, terutama untuk merangsang pertumbuhan otak. Manfaat seperti ini sebenarnya tak hanya Anda dapatkan pada kalkun saja, melainkan dapat pula Anda dapatkan dari manfaat daging lainnya.

Komentar